jump to navigation

REFORMASI BIROKRASI MENUJU PELAYANAN EFEKTIF DAN EFISIEN KEPADA MASYARAKAT Februari 12, 2008

Posted by siswoyo22 in Pelayanan Publik.
trackback

I. Pendahuluan

Reformasi birokrasi menjadi bagian penting ketika dikaitkan dengan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat. Makna ini lebih jelas ketika mengkaitkannya dengan misi aparat birokrasi yang bertujuan  memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga bisa memberikan kesejahteraan dan rasa keadilan pada masyarakat banyak.

Di sisi lain birokrasi sangat sarat dengan banyak tugas dan fungsi, karena tidak saja hanya terfokus kepada pelayanan publik, tetapi juga bertugas dan berfungsi sebagai motor pembangunan dan aktivitas pemberdayaan (public service, development and empowering).

Proses reformasi yang harus dilakukan birokrasi nampaknya bukan hal yang mudah karena harus memformat ulang dengan penuh kritik dan tindakan korektif struktur dan konfigurasi birokrasi itu dari yang serba sakral feodal ke serba rasional dan profesional. Proses reformasi dari berfikir  nuansa serba priyayi (ambtenaar) ke arah  birokrasi dengan konfigurasi otoritas yang rasional (Wignyosoebroto: 11), yang dalam tataran empirik dari  budaya minta dilayani menjadi budaya melayani sebagai abdi masyarakat (public service).

Salah satu ciri birokrasi Weberian  adalah bahwa kekuasaan ada pada setiap hirearki jabatan. Semakin tinggi hirearki tersebut semakin tinggi kekuasaannya. Demikian sebaliknya semakin rendah hirearkinya akan semakin rendah pula kekuasaannya. Rakyat adalah paling rendah hirearkinya sehingga ia tidak mempunyai kekuasaan apapun.

Disiplin birokrasi model Weber menyatakan bahwa hirearki bawah tidak boleh berani atau tidak boleh melawan kekuasaan hirearki atas (Thoha; 21) demikianlah apabila model Weberian ini diterapkan di  Birokrasi Indonesia,  terjadilah sebagaimana apa yang ditemukan oleh Central for Population and Policy Studies Universitas Gadjah Mada Yogyakarta bahwa 55 % aparatur birokrasi melakukan tindakan pembiaran atas keluhan masyarakat sehingga memberikan citra yang buruk terhadap organisasi publik.

Tugas utama pemerintah terhadap rakyatnya yaitu memberikan pelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat. Demikan pentingnya pelayanan publik oleh pemerintah ini sehingga sering dijadikan tolok ukur keberhasilan suatu rezim pemerintah, terlebih sekarang ketika paradigma Good Governance (kepemerintahan yang baik) dikedepankan dimana akuntabilitas, efektivitas dan efesiensi dijadikan tolok ukur dalam pelayanan sektor publik.

Dari uraian tersebut diatas maka reformasi birokrasi merupakan determinan yang sangat penting untuk diuraikan menuju pelayanan yang efektif dan efisien kepada masayarakat.  

II. Permasalahan

Sebagaimana telah dinyatakan dalam pendahuluan bahwa tugas utama pemerintah adalah memberikan pelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat.

Sementara itu dari banyak hasil kajian bahwa masih dijumpai  keengganan pemerintah untuk melakukan pelayanan dengan baik. sebagai contoh temuan survey yang dilakukan  Central for Population and Policy Studies (CPPS), bahwa aparatur birokrasi melakukan pembiaran atas tuntutan publik; digunakannya birokrasi sebagai alat untuk mengonsentrasikan  sumber-sumber produksi di jaman rezim Orde baru;  politisasi birokrasi publik sehingga keputusan apapun disetujui karena tidak adanya alternatif atau piilhan lain, dan para elit birokrasi memanfaatkan dengan meneruskan tradisi Indonesia sebagai negara ambtenaar dimana birokrasi mengurusi segalanya.

Hal-hal tersebut ditas nampaknya sangat berpengaruh sekali terhadap kehidupan biroikrasi di Indonesia.

Oleh sebab  itu, maka masalah utamanya adalah bagaimana usaha yang dilakukan agar birokrasi mampu melaksanakan misi utama yakni  memberikan pelayanan sebaik-baiknya secara efektif dan efesien kepada masyarakat sehingga dapat  memberikan kesejahteraan dan rasa keadilan pada masyarakat banyak ?.

(bersambung)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: